SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Pencarian

Jumat, 09 Maret 2012

BOLA VOLLY


BOLA VOLLY
Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 orang pemain dan berlomba-lomba mencapai angka 25 terlebih dahulu.
Dalam sebuah tim, terdapat 4 peran penting, yaitu tosser (atau setter), spiker (smash), libero, dan defender (pemain bertahan). Tosser atau pengumpan adalah orang yang bertugas untuk mengumpankan bola kepada rekan-rekannya dan mengatur jalannya permainan. Spiker bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan. Libero adalah pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk tetapi tidak boleh men-smash bola ke seberang net. Defender adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan.
Permainan voli menuntut kemampuan otak yang prima, terutama tosser. Tosser harus dapat mengatur jalannya permainan. Tosser harus memutuskan apa yang harus dia perbuat dengan bola yang dia dapat, dan semuanya itu dilakukan dalam sepersekian detik sebelum bola jatuh ke lapangan sepanjang permainan. Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 6 orang pemain dan berlomba-lomba mencapai angka 25 terlebih dahulu.
Dalam sebuah tim, terdapat 4 peran penting, yaitu tosser (atau setter), spiker (smash), libero, dan defender (pemain bertahan). Tosser atau pengumpan adalah orang yang bertugas untuk mengumpankan bola kepada rekan-rekannya dan mengatur jalannya permainan. Spiker bertugas untuk memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan. Libero adalah pemain bertahan yang bisa bebas keluar dan masuk tetapi tidak boleh men-smash bola ke seberang net. Defender adalah pemain yang bertahan untuk menerima serangan dari lawan.
Permainan voli menuntut kemampuan otak yang prima, terutama tosser. Tosser harus dapat mengatur jalannya permainan. Tosser harus memutuskan apa yang harus dia perbuat dengan bola yang dia dapat, dan semuanya itu dilakukan dalam sepersekian detik sebelum bola jatuh ke lapangan sepanjang permainan

teknik pass atas

PASS ATAS BOLA VOLI
POSISI BADAN:
- Badan agak tegak layaknya orang berdiri diimbangi dengan arah laju bola
- Badan selalu stabil saat penerimaan bola datang

POSISI TANGAN:
- Membuat siku disaat menyentuh perkenaan bola
- Posisi tangan tidak boleh berada pas didepan muka atau selebihnya melebihi diatas posisi kepala
- Saat melakukan tolakan pada bola, tangan mengikuti gerakan volow truo, agar mengurangi cidera pada pergelangan tangan
- Jari tangan rapat dan membentuk cekung seperti bentuk bola

POSISI KEPALA:
- Selalu melihat arah bola


POSISI KAKI:
- Tidak selalu sejajar, salah satu kaki kedepan atau kebelakang
- Lutut kaki agak ditekuk, supaya tidak terjadi cidera

PROSES LATIHAN:
- Sebisa mungkin tangan membentuk suatu bulatan seperti layaknya bola, sebagai penyesuaian bola dengan tangan
- Biasanya dalam latihan Pass atas, seseorang menguasai teknik terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan mempraktekkannya
- Berulang-ulang memassing bola keatas
- Untuk yang selanjutnya baru Pass atas secara berpasangan


GERAK BOLA:
- Bola biasanya diwaktu diPass keatas, bola tersebut tidak memutar akan tetapi masih tetap diam pada bentuk semula
- Gerakan bola Pass atas biasanya didalam suatu permainan Voley,sring digunakan pada toser atau pengumpan bola, karena biasanya akan bisa menguntungkan didalam suatu smash

 
PASS BAWAH

Cara belajar pass bawah :
Berdasarkan uraian pada bab sebelumnya, dapat dilihat bahwa terdapat beberapa teknik dalam permainan bola voli. Dari beberapa teknik tersebut, pass bawah adalah salah satu teknik voli yang paling krusial. Sehingga sebaiknya teknik pertama yang diajarkan pada siswa di sekolah dalam pembelajaran penjas di sekolah menengah adalah teklnik pass bawah.
Adapun salah satu contoh pembelajaran pass bawah di sekolah adalah sebagai berikut :
siswa dijelaskan fungsi pass bawah
sikap awal kedua jari tangan rapatkan,tangan luruskan, badan agak bungkuk, lutut sedikit ditekuk.
Pada saat perkenaan, bola mengenai sedikit di atas pergelangan tangan.
Siswa berpasangan saling berhadapan dengan jarak 3-5 meter, salah satu mengumpan dan lainnya nmelakukan pass bawah.
Kemudian berpasangan saling melakukan pass bawah.
Service

Service ada beberapa macam:

    * Service atas adalah service dengan awalan melemparkan bola ke atas seperlunya. Kemudian Server melompat untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari atas.
    * Service bawah adalah service dengan awalan bola berada di tangan yang tidak memukul bola. Tangan yang memukul bola bersiap dari belakang badan untuk memukul bola dengan ayunan tangan dari bawah.
    * Service mengapung adalah service atas dengan awalan dan cara memukul yang hampir sama. Awalan service mengapung adalah melemparkan bola ke atas namun tidak terlalu tinggi (tidak terlalu tinggi dari kepala). Tangan yang akan memukul bola bersiap di dekat bola dengan ayunan yang sangat pendek.

Yang perlu diperhatikan dalam service

        * Sikap badan dan pandangan
        * Lambung keatas harus sesuai dengan kebutuhan.
        * Saat kapan harus memukul Bola.

Service dilakukan untuk mengawali suatu pertandingan voli

Smash (spike)

Dengan membentuk serangan pukulan yang keras waktu bola berada diatas jaring, untuk dimasukkan ke daerah lawan. Untuk melakukan dengan baik perlu memperhatikan faktor-faktor berikut: awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan. Teknik smash Menurut Muhajir Teknik dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu hasil yang optimal (2006,23). Menurut pendapat M. Mariyanto mengemukakan bahwa : “ Smash adalah suatu pukulan yang kuat dimana tangan kontak dengan bola secara penuh pada bagian atas , sehingga jalannya bola terjal dengan kecepatan yang tinggi, apabila pukulan bola lebih tinggi berada diatas net , maka bola dapat dipukul tajam ke bawah .” (2006 : 128 ) Menurut Iwan Kristianto mengemukakan bahwa , Smash adalah pukulan keras yang biasanya mematikan karena bola sulit diterima atau dikembalikan . “ (2003 : 143 ) . Spike adalah merupakan bentuk serangan yang paling banyak digunakan untuk menyerang dalam upaya memperoleh nilai suatu tim dalam permainan voli . Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Teknik Smash atau spike adalah cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan untuk mencapai pukulan keras yang biasanya mematikan ke daerah lawan. Tes smash Menurut Sandika mengemukakan bahwa tes smash adalah tolok ukur untuk mengukur kemampuan smash.

Membendung (blocking)

Dengan daya upaya di dekat jaring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan. Sikap memblok yang benar adalah:
  • Jongkok, bersiap untuk melompat.
  • Lompat dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas.
  • Saat mendarat hendaknya langsung menyingkir dan memberi kesempatan pada kawan satu regu untuk bergantian memblok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar